Tips Penting Untuk Ibu yang Kerja dari Rumah dan Mengurus Anak Tanpa IRT

Kerja dari rumah bukan perkara mudah, apalagi saat anak sedang libur dan tanpa bantuan ART

Selama masa pandemic Covid-19, para ibu bekerja banyak yang harus bekerja dari rumah alias work from home (WFH). Sehari atau dua hari, kondisi ini biasanya masih bisa dijalani dengan baik. Tapi ketika memasuki bulan kedua, bisakah Anda tetap produktif bekerja meski Si Kecil bersikukuh untuk digendong atau ngambek jika tidak ditemani main?

Tenang, untuk para ibu yang sudah mulai kewalahan, belum saatnya menyerah dan ambil cuti. Yuk kita terapkan tips di bawah ini, agar bisa tetap kerja dari rumah sambil mengurus berbagai keperluan.
Tips kerja dari Rumah untuk para Ibu
Mulai dari cara membagi waktu hingga strategi menghadapi atasan saat anak rewel, berikut ini langkah yang bisa Anda coba.

Baca Juga :

1. Menyiapkan diri Ketika Anak Memanggil kita

Kita Sudah sering mendengar kisah buah hati yang memanggil kita dan disaat orangtua sedang online meeting dengan rekan kerjanya. tapi si Kecil bisa saja tiba-tiba masuk ke ruangan dan merengek ingin ditemani padahal Anda sedang mendiskusikan hal penting dengan rekan satu tim.
Meski rekan-rekan umumnya pasti maklum akan hal itu, Anda juga bisa membuat perjanjian tersendiri dengan anak untuk mengurangi interupsi. Misalnya, saat sedang tidak bisa diganggu, Anda menggunakan topi sebagai tanda.

2. Saatnya Bernegosiasi dengan Anak Kita

Apabila usia anak sudah cukup besar untuk diajak bernegosiasi, maka komunikasikan padanya bahwa ada waktu-waktu ketika Anda harus menjalani rapat penting sehingga tidak bisa diganggu. Jadikan momen ini untuk memberikan anak peran sebagai orang yang berjasa membantu Anda.

3. Menyelesaikan Banyak Pekerjaan Saat Jam Tidur Siang

Jam tidur siang anak bisa dibilang adalah masa tenang bagi Anda untuk fokus menyelesaikan pekerjaan. Jadi, jangan menyia-nyiakan kesempatan yang ada dan manfaatkan betul jam tenang ini.
Jika anak tidak mau tidur, tetap ikuti jadwal ini dan ubah menjadi jam tenang untuk anak. Ajak Si Kecil ke tempat tidurnya dan berikan ia buku atau mainan yang bisa mengalihkan perhatiannya, sambil Anda bekerja di dekatnya.

4. Memodifikasi cara kerja

Salah satu keuntungan kerja dari rumah adalah Anda bisa lebih fleksibel dalam menentukan cara menyelesaikan pekerjaan. Misalnya, jika biasanya Anda hanya berdiam di depan laptop atau komputer, saat WFH Anda bisa lakukan beberapa hal lewat fitur yang memungkinkan untuk dilakukan lewat smartphone.
Contohnya, ketika kita saat meeting, kita bisa gunakan aplikasi di handphone yang dibandingkan memakai laptop dan melakukannya sambil menemani anak makan di meja makan.

5. Menciptakan area kerja sendiri

Salah satu hambatan kerja dari rumah bersama anak adalah saat melihat ibunya, Si Kecil biasanya akan selalu mengikuti dan minta diperhatikan. Hal ini akan membuat Anda memberikan perhatian penuh, baik pada anak maupun pekerjaan.
Jadi jika memungkinkan, bekerjalah di ruang terpisah dari ruang main anak. Jika dirumah kita tidak ada ruangan ekstra yang bisa digunakan untuk bekerja, Anda bisa menyulap area tertenu sebagai meja kerja selama WFH. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus bekerja saat waktunya bekerja dan lebih fokus pada Si Kecil saat waktunya bermain bersama anak.

6. Membuat Jadwal Tetap

Membuat jadwal tetap akan sangat membantu Anda menyiasati pembagian waktu antara menyelesaikan pekerjaan di rumah dan di kantor. Solusinya bisa membuat timeline yang memperlihatkan waktu kita harus dimulai bekerja dan bisa menyelesaikan kerjaan tersebut.
Anda juga bisa sekaligus membuat jadwal untuk anak, untuk mengatur waktu dimulainya belajar online dan selesainya, misalnya. Atau jika Si Kecil belum sekolah, buatlah jadwal makan, tidur, dan bermain, sehingga Anda bisa membagi waktu dengan baik dan teratur antara pekerjaan dan keluarga.

7. Buat Anak tetap Terhibur

Ingin tahu bagaimana caranya agar anak tidak terus menghampiri Anda ketika sedang bekerja? Buat ia terhibur saat sedang menghabiskan waktunya sendiri. Misalnya, saat jam kerja, Anda menyiapkan movie time agar anak bisa lebih anteng sambil menonton film kesukaannya.
Selain itu, meski masih jam bekerja, Anda disarankan untuk tidak sepenuhnya cuek dengan kebutuhan anak. Sebab, ini justru akan membuat Si Kecil semakin ingin diperhatikan. Beri ia sedikit waktu esktra untuk mendapatkan quality time bersama Anda. Selanjutnya, ia akan lebih tenang dan Anda pun bisa lebih fokus bekerja.

8. Menyampaikan kondisi WFH Anda pada atasan

Apabila hubungan dengan atasan terjalin dengan baik, kita bisa komunikasikan situasi WFH Anda dengannya. Misalnya, ada waktu-waktu tertentu Anda harus mendampingi anak belajar online di rumah atau minta dimaklumi jika ada interupsi dari Si Kecil yang tiba-tiba lari menghampiri Anda.

0 Response to "Tips Penting Untuk Ibu yang Kerja dari Rumah dan Mengurus Anak Tanpa IRT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel