Pertanyaan dan Jawaban Soal E-Commerce Teknik Informatika

SOAL DAN JAWABAN MATA KULIAH E-COMMERCE

PERTANYAAN

  1. Bagaimana  Anda menerapkan CRM pada  aplikasi yang Anda buat (Oprek sesuai dengan tugas ), jika ada fitur CRM bagaimana anda menerapkan fitur tersebut, jika tidak ada fitur CRM apa yang harus anda lakukan agar fungsi CRM dapat anda lakukan! ( 10 menit ) (bobot : 15 )
  2. Bagaimana Anda menerapkan SEO OnPage dan Off Page pada aplikasi yang Anda buat (Oprek sesuai dengan tugas ), tuliskan langkah-langkahnya ! (15 menit) (bobot 20)
  3. a. Manakah software aplikasi  menurut anda yang memiliki banyak kelebihan , jelaskan mengapa disebut sebagai kelebihan! (5 menit) (bobot 5)
    b. Manakah software aplikasi  menurut anda yang memiliki banyak kekurangan ,  jelaskan mengapa disebut sebagai kekurangan! (5 menit) (bobot 5)
  4. Buatlah  Iklan  Online sederhana  untuk mempromosikan produk yang Anda jual pada aplikasi eCommerce yang  Anda buat, upload  iklan tersebut di You tube (durasi maksimal 2 menit), tuliskan link you tube tersebut sebagai jawaban no 4 (145 menit) (Bobot : 45) (Media yang digunakan bebas)
  5. Bagaimana perkembangan Teknologi eCommerce terkait dengan perkembangan revolusi 4.0, jelaskan! (10 menit) (bobot 10)

JAWABAN :

1. Dalam aplikasi Opencart tidak bisa ditambahkan CRM , sehingga kurang bisa membuat interaksi dengan pelanggan secara langsung, karena tidak adanya fitur menambahkan CRM secara manual.

2. Langkah pertama bisa masuk ke Login Admin di website (Opencart)
Lalu, Masuk ke menu “System” > “Settings”, klik “Edit” pada Store Anda
 
Lalu pilih Server dan pilih “Ya” di kolom Gunakan URL SEO 
 
Terakhir, Rename file htaccess.txt to .htaccess
Nah, ini adalah Cara untuk merename-nya melalui “File Manager” di cPanel atau FTP yang anda buka. Cari Letak file htaccess pada installasi opencart yang anda buka di domain utama yang terletak pada folder “/home/usercpanel/public_html”
Apabila file tersebut itu tidak ada, maka yang Anda lakukan yaitu bisa membuat / edit file dengan nama .htaccess dan isi dengan :

# SEO URL Settings
RewriteEngine On
# If your opencart installation does not run on the main web folder make sure you folder it does run in ie. / becomes /shop/
RewriteBase /
RewriteRule ^sitemap.xml$ index.php?route=feed/google_sitemap [L]
RewriteRule ^googlebase.xml$ index.php?route=feed/google_base [L]
RewriteRule ^download/(.*) /index.php?route=error/not_found [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteCond %{REQUEST_URI} !.*\.(ico|gif|jpg|jpeg|png|js|css)
RewriteRule ^([^?]*) index.php?_route_=$1 [L,QSA]
Selesai, URL Friendly pada Opencart Anda sudah diaktifkan.

Cara untuk merubah setting URL yang Friendly pada produk Anda, bisa dilakukan dari menu Katalog > Produk > Edit pada produk. Kemudian itu anda bisa masuk ke Tampilan Data dan ubah pada SEO Keyword sesuai kata yang ingin digunakan

3. a) Aplikasi E-Commerce yang lebih banyak kelebihannya dalam bisnis yaitu Google My Business
karena, sangat memudahkan menjangkau pelanggan kita lewat google dan bisa cepat manaikkan rating penjual di google dengan melalu ulasan dari setiap pelanggan kita, 
di Google My Business juga bisa langsung mengaktifkan iklan berbayar sehingga jauh lebih cepat menjangkau pelanggan kita di luar sana, 

b) Aplikasi E-Commerce yang memiliki banyak kekurangan dibandingkan yang lain yaitu CubeCart , karena sedikit nya plugin sehingga kurang memudahkan user dalam membuat toko online secara menarik, dan kapasitas tema yang di sediakan cubecart hanya terbatas, jadi kurang menarik untuk bagi kalangan yang ingin mendapatkan tampilan sesuai keinginan kita.

4. Link Youtube Video Iklan Produk di OpenCart

5. E-commerce 4.0 sebagai bagian dari Revolusi Industri 4.0 adalah sebuah hal yang harus dihadapi. Perlu ada penguasaan teknologi untuk dapat mengikuti arus perkembangan bisnis di era ini. Kemudahan yang ditawarkan teknologi semakin banyak sehingga calon pembeli lebih memilih berbelanja dan menggunakan jasa hanya dengan membuka aplikasi pada ponsel dengan durasi tidak sampai lima menit.

Sistem sudah tersedia, sekarang hanya menunggu kesiapan dari masyarakat untuk menerima e-commerce 4.0. Dalam Konsep 4.0 akan bisa menguntungkan pihak yang ada di dalamnya, dari pengembang e-commerce, penjual, hingga pembeli. Satu sisi, hal yang perlu kita perhatikan yaitu peraturan dari pihak e-commerce yang memberi keuntungan antara penjual dan pembeli, atau pemberi jasa dengan pelanggan dalam bidang jasa.

0 Response to "Pertanyaan dan Jawaban Soal E-Commerce Teknik Informatika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel